23 June 2022   |   (Jak Tv)

LKPP Tahun 2021 Dapat Opini WTP dari BPK, Jokowi: Bukan Tujuan akhir

Share

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi capaian hasil Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) 2021 yang mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"WTP ini merupakan pencapaian yang baik di tahun yang sangat berat di 2021 dan hasil laporan ini akan menjadi landasan untuk pemerintah untuk terus melakukan perbaikan," ujar Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (23/6/2022).

Jokowi menegaskan pemerintah terus berupaya meningkatkan performa pengelolaan keuangan negara yang lebih efektif dan inklusif serta bekerja keras dalam melaksanakan program dengan memperhatikan tata kelola yang baik.

"Kami meyakini dengan penerapan tata kelola keuangan yang baik, akan meningkatkan efektivitas mitigasi risiko sekaligus mendorong efektivitas target dan sasaran program," jelasnya,

Pemerintah, lanjut Jokowi, akan menindaklanjuti temuan-temuan dari BPK terkait kelemahan yang harus segera diperbaiki. 

Terutama terkait dengan sistem pengadilan intern dan ketidakpatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berdampak terhadap kewajaran penyajian LKPP tahun 2021.

"Sehingga ke depannya dengan perbaikan, maka tata kelola keuangan negara kita akan semakin baik lagi," jelasnya.

Jokowi menegaskan bahwa predikat WTP bukanlah tujuan akhir bagi pemerintah pusat. Menurutnya, pemerintah harus kemampuan mengelola dan memanfaatkan uang rakyat secara transparan dan akuntabel.

"Saya ingin menegaskan lagi kepada para menteri, kepala lembaga dan kepala daerah agar segera menindaklanjuti dan menyelesaikan semua rekomendasi pemeriksaan BPK," jelasnya.

Share