09 May 2022   |   (Jak Tv)

Pemerintah Usul WFH 2 Minggu Usai Lebaran, Luhut: Bentuk Kehati-Hatian

Share

Pemerintah menganjurkan kepada masyarakat yang baru saja menjalankan aktivitas mudik Lebaran 2022 untuk sementara bekerja dari rumah selama 1 hingga 2 minggu ke depan.

Anjuran tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers usai rapat terbatas, Senin (9/5/2022).

"Kita juga menganjurkan untuk work from home satu-dua minggu ke depan ini. Pengaturannya mau 50% atau berapa puluh persen kita serahkan ke kantor," kata Koordinator PPKM Jawa-Bali itu dalam jumpa pers virtual yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Menurut Luhut, anjuran ini merupakan salah satu bentuk antisipasi pemerintah dalam menyikapi pergerakan arus balik lebaran yang dikhawatirkan akan memicu kenaikan kasus Covid 19.

Pasalnya, Luhut merinci mobilitas masyarakat yang ke luar rumah meningkat hingga 48,1 persen dibandingkan tingkat acuan (baseline) saat Idul Fitri.

“Momen Idul Fitri yang baru saja terjadi, memberikan pemulihan aktivitas ekonomi yang begitu tinggi dan mobilitas masyarakat juga terjadi sangat cepat pada periode tersebut,” ujar Luhut.

Sebelumnya, usulan WFH seusai mudik Lebaran juga disampaikan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Usulan yang sama selanjutnya dilontarkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo. MenPAN RB mendukung WFH demi kelancaran arus balik seusai mudik Lebaran.

 

 

Share