23 June 2022   |   (Jak Tv)

Presiden Jokowi Tunjuk Gibran Rakabuming Raka Menjadi Ketua Pelaksana INASPOC

Share

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi menunjuk Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai Ketua Pelaksana Indonesia ASEAN Para Games 2022 Organizing Committee (INASPOC). Keputusan tersebut dituangkan Jokowi dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95/2022 tentang Penyelenggaraan ASEAN Para Games XI yang diteken pada 17 Juni 2022.

Penetapan Gibran sebagai Ketua Pelaksana INASPOC dituangkan dalam Pasal 11 ayat (3) yang berbunyi sebagai berikut:

"Pelaksana INASPOC sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf a diketuai oleh Wali Kota Surakarta,"

Untuk posisi Ketua Pelaksana Prasarana dan Sarana dipimpin oleh Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang dalam hal ini Diana Kusumastuti.

Selanjutnya, posisi Ketua Pelaksana Prestasi Olahraga diserahkan kepada Sekretaris Jenderal Indonesia National Paralympic Committee (NPC). Adapun Sekretaris Jenderal NPS saat ini dijabat oleh Ukun Rukaendi.

Adapun Ketua Dewan Pengarah ASEAN Para Games 2022 akan dijabat oleh Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan yang dalam hal ini adalah Muhadjir Effendy.

Sebagai informasi, ASEAN Para Games akan berlangsung di Solo pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022. Setidaknya, ada 1.648 atlet dari 11 negara akan ambil bagian dalam pesta olahraga difabel se-ASEAN ini.

ASEAN Para Games yang digelar di Jawa Tengah ini akan mempertandingkan 14 cabang olahraga. ASEAN Para Games akan dihelat di Kota Surakarta, Sukoharjo, Karanganyar, dan beberapa tempat lainnya.

Share